Sabtu, 02 Maret 2013

"Brian Kidd? Who?"


Pada tahun 1968, Manchester United dan Benfica akan bertemu di final Piala Champions atau yang sekarang dikenal dengan nama Liga Champions, partai ini menjadi perhatian utama pecinta bola di seluruh dunia kala itu.

foto: thenational
Final Piala Champions 1968:
Manchester United v Benfica


Di era 1960-an, Benfica adalah salah satu raksasa sepak bola Eropa dengan dua gelar Piala Champions dan dua kali runner up.

"Saat itu sepakbola Portugal sedang dalam masa keemasan," kata Brian Kidd, yang ketika itu berusia 18 tahun dan akan merayakan ulang tahun ke-19-nya pada hari partai final tersebut. "Benfica adalah tim terbaik di Eropa pada pertengahan 60-an dan sebagian pemain-pemain mereka adalah tulang punggung dari tim nasional Portugal."

Brian Kidd

Kidd masih begitu muda kala itu, dan tidak ada satu pemain Benfica-pun yang tahu siapa dia. Sebelum final, salah satu wartawan surat kabar bertanya kepada Eusebio untuk mengetahui  pendapatnya tentang Brian Kidd yang sangat mengidolai dirinya. Namun, Pemain Terbaik Eropa Tahun 1965 ini menjawab dengan nada bingung, “Brian Kidd? Siapa dia?”

Eusebio

"Aku sangat memahami jawaban Eusebio itu," kata Kidd. "Dengan semua nama besar di pihak Manchester United saat itu, siapa yang akan menyadari adanya aku?  Tapi Eusebio adalah idolaku. Aku mendukung Portugal di Piala Dunia 1966 karena dia, dan menonton mereka ketika berlatih di Manchester dan bertanding di Liverpool. Bahkan aku sempat berfoto dengan Eusebio. Ketika ibuku meninggal beberapa tahun yang lalu, aku menemukan dua buah kotak barang-barang miliknya yang ia simpan, termasuk fotoku bersama Eusebio itu."

"Brian Kidd? Who?"

Dan partai final itu akhirnya digelar, Benfica si Raksasa Eropa yang lebih di unggulkan tak disangka tumbang di tangan Manchester United. Tak tanggung-tanggung empat gol dilesakkan ke dalam gawang wakil Portugal itu, dan hanya terbalas satu gol. Dan satu diantara empat gol yang bersarang itu dicetak Aoleh pemain yang tadinya tak dikenal oleh pemain idolanya, Brian Kidd. Kiddo (sapaan Brian Kidd) tak hanya mengukir namanya di partai bersejarah itu, tapi juga membuat Eusebio tak akan melupakan nama yang sebelumnya tak pernah dia dengar.

Sebagai pengingat partai itu, pendukung setia Manchester United punya lagu khusus untuk Brian Kidd yang sampai saat ini masih sering dinyanyikan di tribun-tribun Old Trafford. Berikut petikan liriknya:


Kiddo Kiddo,
I don’t know why Eusebio,
And I say Kiddo…
Kiddo Kiddo,
I don’t know why Eusebio,
And I say Kiddo…



Nama Lengkap  : Brian Kidd
Tanggal lahir     : 29 mei 1949
Tempat Lahir     : Collyhurst, Manchester, Inggris
Posisi bermain   : Penyerang
Karier pemain    : 1967-1974 Manchester United
                              1974-1976 Arsenal
                              1976-1979 Manchester City
                              1979-1980 Everton
                              1980-1982 Bolton Wanderers
                              1982-1983 Fort Lauderdale Strikers
                              1983-1984 Minnesota Strikers


Dan ini aksi pendukung cilik Manchester United ketika menyanyikan lagu untuk Brian Kidd tersebut:





2 komentar:

  1. kalo seandainya tidak keluar kata "Brian Kidd? Who?" dari Eusebio
    mungkin ceritanya tidak akan menarik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi kak, sebagai penghargaan maka dibuatlah chant untuk Kiddo.

      Hapus