Selasa, 27 November 2012

12 Kota Penyelenggara Piala Dunia 2014


Ehm ehm ehmmm.. Assalamu'alaikum WR WB.. pada kesempatan kali ini izinkanlah saya sebagai penulis di blog ini mempersembahkan sebuah tulisan yang mau dibilang penting tapi tidak penting-penting amat dan dibilang tidak penting…yaah memang tidak penting sih #tidakperlutertawa …langsung saja tidak usah basa-basi nanti keburu basi, inilah profil 12 kota penyelenggara Piala Dunia 2014 di Brazil. Sebelumnya mari kita sambut maskot Piala Dunia 2014… FULECO!!!

Fuleco




1. Belo Horizonte


Belo Horizonte adalah Ibu Kota dan sekaligus Kota terbesar di Negara Bagian Minas Gerais, yang berlokasi di bagian tenggara Brazil. Kota ini adalah kota metropolitan terbesar ketiga di Brazil. Belo Horizonte atau yang sering disebut "BelĂ´", "Beagá", atau “BH” mempunyai penduduk berjumlah 2.475.440 hanya di kota saja, dan total 5.497.922 di area metropolitan (2010).


2. Brasilia
Brasilia adalah ibu kota Brazil dan terletak di pusat Negara tersebut dalam sebuah district federal dari Negara bagian Goias. Kota ini awalnya direncanakan untuk menampung 500.000 penduduk, namun telah tumbuh menjadi 2 juta (2.282.049 perkiraan 2004), termasuk kota satelit dan Distrik Federal sekarang ini. Barsilia Tengah, dikenal dengan Plano Piloto, memiliki populasi sekitar 200.000.


3. Cuiaba

Cuiaba adalah ibu kota dari Negara bagian Mato Grosso. Kota ini berlokasi tepat di bagian tengah Amerika Selatan dan berbentuk area metropolitan. Sama seperti kota tentangganya Varzea Grande. Nama dari kota ini berasal dari bahas Indian Amerika Selatan yang berarti “Mata Kail”. Cuiaba adalah pusat terbesar untuk tujuan wisata, bisnis, agrobisnis, perdagangan, dan budaya di Mato Grosso.


4. Curitiba


Curitiba adalah ibu kota dan kota terbesar di Negara bagian Parana. Kota ini berpopulasi sekitar 1.760.500 penduduk pada tahun 2010, yang membuat koat ini menjadi kota berpopulasi terbanyak ke-8 di Brazil, dan terbanyak di Brazil bagian selatan. Curitiba adalah pusat kebudayaan, politik, dan ekonomi di Brazil dan Amerika Latin.



5. Fortaleza


Fortaleza adalah ibu kota dari Negara bagian Ceara, yang berlokasi di bagian timur laut Brazil. Dengan populasi mendekati 2,3 juta jiwa, Fortaleza adalah kota terbesar ke-5 di Brazil. Di bagian utara kota ini terhampar samudera Atlantik di bagian selatan berbatasan dengan kota Pacatuba, Eusebio, Maracanau, dan Itaitinga. Di bagian timur berbatasan dengan kota Aquiraz, dan kota Caucaia di bagian barat.


6. Manaus




Manaus adalah sebuah kota di Brazil yang merupakan ibu kota dari Negara bagian Amazonas, yang berada diantara Sungai Negro dan Sungai Solimoes. Kota ini merupakan kota berpopulasi tertinggi di Amazonas, berdasarkan statistic dari Institut Geografi dan Statistik Brazil. Manaus berlokasi di bagian utara Brazil, 1.936 km dari ibu kota Negara Brazil, Brasilia.


7. Natal


Natal adalah ibu kota Negara bagian Rio Grande do Norte, dengan penduduk berjumlah 763.000 jiwa. Natal ditetapkan oleh IPEA (Institut Penelitian Aplikasi Ekonomi Brazil) sebagai Ibu kota teraman di Brazil.


8. Recife


Recife adalah area metropolitan terbesar ke-5 di Brazil dengan 3.743.854 penduduk, yang juga merupakan ibu kota dan kota terbesar di Negara bagian Pernambuco. Recife berlokasi diantara pertemuan sungai Beberibe dan Capibaribe yang mengalir ke Samudera Atlantik. Dengan banyaknya sungai, pulau kecil, dan lebih dari 50 jembatan, kota Recife mendapat julukan sebagai “Brazilian Venice.”


9. Rio De Janeiro



Rio De Janeiro (bermakna “Sungai Januari” dalam bahas Portugis) merupakan ibu kota bagian Rio de Janeiro di bagian tenggara Brazil. Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 kilometer per segi. Dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa. Sekitar 10 juta orang tinggal di daerah metropolitan Rio De Janeiro Raya, yang saat ini kota terbesar ke-4 di dunia.


10. Salvador


Salvador adalah kota terbesar di pantai timur Brazil dan Ibu kota Negara bagian Bahia. Salvador juga dikenal sebagai ibu kota kebahagian di Brazil. Karena populasi yang santai dan banyaknya tempat bersantai outdoor. Termasuk diantaranya karnaval jalanan.


11. Sao Paulo




Sao Paulo adalah kota terbesar di Brazil dan belahan bumi selatan, dan juga merupakan wilayah metropolitan terbesar ke-7 di dunia. Kota ini merupakan ibu kota Negara Bagian Sao Paulo, Negara Bagian dengan jumlah penduduk terbesar di Brazil. Nama kota ini merupakan penghormatan kepada Santo Paulus. Sao Paulo perpengaruh kuat dalam perdagangan dan keuangan regional, dan juga kesenian dan hiburan. Sao Paulo daianggap sebagai kota global alfa.


12. Porto Alegre




Porto Alegre adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Negara Bagian Rio Grande do Sul. Kota ini berpopulasi 1.509.939 jiwa (2010), yang juga merupakan kota berpenduduk terbanyak ke-10 di Brazil, dan terbanyak ke-4 di Brazil bagian tengah.

--------

Setelah dipikir-pikir, ditimbang-timbang, diayun-ayun, dan di di di lainnya, sepertinya memang ini tulisan yang cukup penting, yaa siapa tahu ada di antara pembaca yang ingin trip ke Brazil buat nonton Piala Dunia 2014 tapi belum tau kota penyelanggaranya dimana aja, tulisan ini bisa cukup membantu bukan?? kan?? Kaan???
Yak, akhir kata.. demikianlah persembahan dari saya selaku penulis, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua... Wassalamu'alaikum WR WB....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar