Sabtu, 20 April 2013

St. Totteringham Day, Hari Raya Pendukung Arsenal


Sepak Bola, sepanjang perjalanannya sejak mulai dimainkan pelajar-pelajar Inggris di era 1800-an hingga ditimang-timang selebritis lapangan hijau yang berlenggak-lenggok dengan sepatu mengkilap di era modern telah meninggalkan banyak jejak langkah, entah jejak dalam hal remeh-temeh seperti evolusi rancangan bentuk stadion hingga makna permainan ini sendiri bagi masing-masing orang yang terlibat atau melibatkan diri didalamnya, katakanlah rivalitas antar pendukung tim. Rivalitas, ya rivalitas, Anda-anda yang tak menyukai permainan ini, mungkin akan geleng-geleng kepala melihat bagaimana sepak bola telah menjadi bagian jiwa bagi orang-orang yang menggilainya hingga dapat menciptakan perseteruan yang rasa-rasanya tak masuk di akal sehat. Bagaimana mungkin permainan yang dimainkan dua puluh dua orang yang sibuk mengejar-ngejar sebuah bola sepak di lapangan rumput dapat menciptakan dampak yang begitu destruktif? Sudah tak terhitung berapa nyawa yang hilang akibat perseteruan-perseteruan antar kelompok pendukung tim-tim permainan ini. Agak kurang kerjaan ya? Tergantung dari sudut pandang mana anda melihatnya.



Diantara banyak rivalitas dalam sepak bola, derby adalah penyumbang terbanyak perseteruan antar kelompok pendukung. Derby yang dalam bahasa sederhana adalah pertandingan antar dua tim yang berasal dari wilayah atau kota yang sama, telah menciptakan atmosfir berbeda dalam setiap gelarannya. Beberapa diantara yang terpanas adalah Old Firm Derby antara Celtic dan Rangers di Glasgow, Derby Della Capitale antara Lazio dan A.S. Roma di Roma, serta North London Derby di antara Arsenal dan Tottenham Hotspurs di London. Ritus-ritus khusus dari kedua kelompok pendukung yang berseteru banyak menandai perjalanan derby ini. Telah kita lihat beberapa tahun yang lalu Pelatih Celtic, Neill Lennon, menerima parsel dari seorang pendukung Rangers jelang Old Firm Derby, isinya? Sebuah bom. Berbagai cara akan dilakukan masing-masing kelompok pendukung ini ketika tim yang didukung mengalahkan tim seteru baik dalam pertandingan maupun juga dalam peringkat klasmen liga untuk membuat kelompok pendukung lawan lebih menderita. Diantara yang jarang diketahui adalah perayaan Hari St. Totteringham dari para pendukung Arsenal.





Hari St. Totteringham (kadang juga dikenal sebagai Hari Saint Totteridge) adalah sebuah konsep yang diciptakan oleh pendukung Arsenal di awal 1990-an, pertama kali dipublikasikan pada tahun 2002 di arseweb.com. Perayaan ini diadakan pada hari ketika Arsenal telah mengumpulkan cukup poin dan secara matematis dipastikan finis di peringkat yang lebih baik dari Tottenham dalam klasemen liga. Pada tahun 2007 istilah ini pertama kali disebut (sebagai St. Totteridge) pada poster promo resmi jelang pertandingan antara Arsenal lawan Aston Villa, meskipun ada pendapat yang menyebutkan bahwa istilah ini telah ada sejak tahun 2005. Pada 2010, Hari St Totteringham mulai banyak disebut-sebut di media-media mainstream. Berikut adalah daftar hari perayaan Hari St. Totteringham dari tahun 1980 sampai 2012, yang diambil dari website chiark.greenend.org.uk:






Dilihat dari daftar diatas, sejak 1980 hingga 2012, Hari St. Totteringham telah dirayakan sebanyak 25 kali, sementara secara keseluruhan tiap musim sejak sebelum perang dunia pertama, Hari St. Totteringham telah dirayakan sebanyak 47 kali.


Dan berikut adalah klasemen sementara Premier League 2012/2013 sampai pekan ke-33:


Mengingat selisish poin diantara Arsenal dan Tottenham hanya berjarak 2 poin, terlebih lagi Tottenham masih menyisakan satu laga yang belum dimainkan, maka kemungkinan dirayakannya hari St. Totteringham masih 50:50.

Pertanyaanya, akankah ada perayaan yang sama pada tahun ini? Ahh, hilal sampai saat ini belum terlihat :)

2 komentar:

  1. Arsenal lebih baik dari Spurs
    Dari dulu sudah dibuktikan!

    BalasHapus
  2. ayo bagi yg suka maen judi ayam on line s1288 sabung ayam
    di bolavita tempat nya banyak sekali bonus2 menarik
    dan game2 on line terlengakap se indonesia
    dengan pelayanan 24 jam yg sangat ramah

    ayo segera daftar dan buktikan sendiri
    info lbh lanjut:

    whatup : +62812-2222-995
    BBM: BOLAVITA

    BalasHapus