Senin, 26 November 2012

Sejarah Warna Seragam Boca Juniors


Assalamu'alaikum WR. WB.. ceritanya tadi waktu ane ngegame PES 2013, terus ane pilih Team Boca Juniors yang punya seragam cukup unik menurut ane. Jadi, karena rasa penasaran ane iseng-iseng googling awal mula seragam Boca Juniors yang menurut ane unik tadi. Setelah pencarian yang hampir gak ada ujungnya akhirnya ketemu juga sejarah asal mula seragam Team ini. Dan benar, seragamnya unik sama kayak asal mulanya... Nih ceritanya, silahkan dibaca.

-------

Awalnya, pada tahun 1905 saat Boca Juniors berdiri, mereka menggunakan seragam tanding berwarna merah muda, tapi setelah berpikir ulang, mereka merasa merah muda bukan warna yang cocok untuk mereka, kemudian mengganti warna seragam dengan biru cerah. Namun perubahan warna ini tidak berlangsung lama, tim lagi-lagi mengganti warna seragam menjadi garis-garis putih hitam.

Pada tahun 1906, Boca bertanding melawan klub lainnya yang juga memakai seragam bergaris putih hitam. Dalam pertandingan itu dibuatlah perjanjian bahwa klub yang kalah harus mengganti warna seragam mereka. Boca kalah! Dan sesuai perjanjian mereka harus mengganti warna seragamnya.




Saat mencari inspirasi warna seragam yang baru di sebuah pelabuhan, muncul ide untuk mengadopsi warna bendera kapal yang pertama kali mereka lihat melintas di pelabuhan itu. Kapal yang mereka tunggu-tunggu pun tiba, dengan bendera ‘Drotting Sophia’ dari Swedia berwarna biru kuning yang akhirnya diadopsi Boca Juniors hingga kini.


Bendera Swedia


Dari tahun 1907 sampai 1913, Boca menggunakan seragam biru dengan garis miring berwarna kuning di bagian dada, seperti yang diadopsi kembali di tahun 2005 saat perayaan seabad klub.




Dari tahun 1913 Boca menggunakan seragam biru dengan garis horizontal kuning tebal, seperti yang digunakan Diego Maradona muda di bawah.




Pada 2010, saat merayakan ulang tahun ke-105, Boca Juniors merilis seragam khusus yang mengambil motif langsung dari bendera Swedia untuk menyatakan darimana asal mula warna biru kuning yang identik dengan Boca tersebut.




Sekian info unik nya, semoga bermanfaat, siapa tau ada yang mau buat seragam tapi bingung dengan warnanya mungkin bisa pakai cara ini. Akhir kata..Wassalamu'alaikum WR. WB.






Sumber: footballrambles.blogspot.com



1 komentar: